RSS

FUNNY GAMES, Hati2 dengan orang yang belum anda kenal

Pemain: Naomi Watts, Tim Roth, Michael Pitt, Brady Corbet, Devon Gearheart
Publisher: Celluloid Dreams and Warner Independent Pictures
Durasi: 1 jam 52 menit
Tahun Rilis: 2007
Gender: Thriller

Ann (Naomi Watts) bersama dengan suami dan anak sematang wayangnya berlibur ke rumah danau milik keluarganya. Seperti tahun-sahun sebelumnya mereka berkumpul dengan beberapa teman-temannya yang sama-sama punya rumah danau untuk merayakan liburan. Mereka membuat perkumpulan klub golf.
Tahun ini mereka berencana melakukan kegiatan bersama lagi seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun kali ini ada yang berbeda dengan dulu-dulu. Keluarga Ann dikenalkan dengan Paul dan saudaranya oleh teman anggota klub golf yang sudah datang duluan. Ternyata perkenalan ini mendatangkan adanya mala petaka bagi mereka.

Itulah sebabnya kita harus berhati-hati dengan orang yang belum terlalu kita kenal. Apalagi jika orang itu belum pernah kita kenal sebelumnya. Film ini salah satu contohnya. Dalam menghadapi sesuatu kita juga sebenarnya bisa belajar pada binatang dalam hal ini. Insting binatang biasanya kuat jika mereka mencium ada sesuatu yang tak beres. Dalam film ini kita bisa melihat pada anjing keluarga Ann. Dari awal kedatangan ia seperti mencium adanya sesuatu yang tak beres. Kita juga bisa melihat pada Hachiko, seekor anjing yang sangat setia dengan tuannya, ia bisa merasakan ketika ada sesuatu yang tak beres dengan tuannya.
Dalam kejadian nyata kita bisa mencontoh perilaku hewan seperti tikus di propinsi Aceh sebelum terjadinya bencana dahsyat tsunami dimana mereka berbondong-bondong berlari ke daerah yang lebih tinggi beberapa saat sebelum terjadinya Tsunami. Atau pada binatang-binatang buas yang biasanya ada didalam hutan yang banyak masuk ke areal pemukiman penduduk sesaat sebelum terjadi bencana meletusnya gunung merapi di Yogyakarta.

Kembali ke film. Jalan cerita dari film bergender thriller berjudul FUNNY GAMES ini sebenarnya sederhana tapi ia mempunyai jalan cerita yang bagus. Hanya sayang dalam endingnya film FUNNY GAMES ini masih sangat mengambang tanpa adanya antiklimaks yang jelas.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: